Tumbuh Gigi pada Anak, Apa yang Harus Diperhatikan

by Neo Publishing

Tumbuh Gigi pada Anak, Apa yang Harus Diperhatikan

 

 

Gigi akan tumbuh pada saat anak berusia 6 bulan sampai 3 tahun . Anak – anak seringkali menjadi rewel selama beberapa hari , hal ini disebabkan gusinya sakit.

Sakit gigi pada anak – anak yang berhubungan dengan pertumbuhan gigi akibat gigi yang akan tumbuh, bisa menimbulkan pembengkakan pada gusi dan menimbulkan rasa sakit . Beberapa orang tua seringkali merasa cemas pada saat gigi anaknya mulai tumbuh karena takut anak mengalami demam tinggi, rewel dan tidak mengerti apa yang harus dilakukan . Sebenarnya pertumbuhan gigi pada anak – anak merupakan suatu proses yang normal, ketika usia anak 4 – 6 bulan , gigi susunya mulai terlihat dengan tanda – tanda sebagai berikut :

  • Air liurnya semakin banyak
  • Sering menghisap ibu jari
  • Selalu ingin menggigit sesuatu
  • Menggesek – gesek gusinya
  • Nafsu makan menurun

Pada saat pertumbuhan gigi , orang tua dapat memberikan obat pereda sakit yang mengandung ibuprofen dalam bentuk syrup yang cocok untuk anak – anak. Selain itu berikan anak mainan atau benda yang aman dan bersih untuk digigit atau di kunyak – kunyah .

Gusi anak yang sakit dapat di kompres atau di gosok – gosok dengan tangan yang sudah di cuci bersih .

Tetapi jika anak mengalami gangguan pada gigi atau gusi disertai dengan demam yang terus menerus dan juga terjadi penurunan nafsu makan , segeralah berobat ke dokter .

Oleh karena itu para orang tua perlu mengetahui gejala serta tanda – tanda pertumbuhan gigi susu dan harus menjaga agar gusi bayi tetap bersih .

 

 

 

Beberapa tips untuk perawatan gigi pada anak – anak yaitu :

  1. Jangan biarkan anak – anak mengisap botol berisi susu atau cairan manis pada saat tertidur . Hal ini menyebabkan rongga mulut digenangi cairan yang mengandung gula sehingga gigi bayi beresiko mengalami kerusakan .
  2. Bersihkan gigi anak secara teratur setiap hari dengan lap basah atau sikat gigi khusus untuk anak – anak yang lembut .
  3. Periksakan gigi anak ke dokter gigi secara berkala untuk melihat ada atau tidaknya kerusakan pada gigi anak , sehingga jika ada dapat segera dirawat sebelum gigi anak rusak .
  4. Kalau anak – anak sudah dapat gosok gigi sendiri , bimbing dan bantu supaya dapat menggosok gigi dengan baik .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: