Hati-hati, Hobi Kunyah Es Batu Juga Bisa Merusak Gigi

by Neo Publishing

Hati-hati, Hobi Kunyah Es Batu Juga Bisa Merusak Gigi
Ajeng Anastasia Kinanti – detikHealth
es batu

Jakarta, Gigi memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Oleh sebab itu, kesehatan gigi harus dijaga sebaik mungkin. Hindari hal-hal yang diam-diam bisa merusak gigi, termasuk membuka botol dan mengunyah es batu.

Menurut pakar kesehatan gigi, dr N. Ramesh, membuka botol atau merobek kemasan makanan dengan menggunakan gigi mungkin tampak sepele. Namun kebiasaan ini dapat merusak dan membuat gigi retak.

“Selain itu, terlalu sering melakukan kebiasaan ini juga dapat membuat posisi gigi lama-lama bergeser. Ini mengapa sebaiknya Anda tetap lebih baik menggunakan alat khusus untuk membuka kemasan makanan atau membuka botol,” tutur Ramesh.

Mengunyah es batu juga kerap dianggap sebagai kebiasaan yang tak mengganggu gigi karena strukturnya yang tak terlalu keras. Padahal faktanya mengunyah es batu juga sulit dilakukan oleh gigi.

Pakar kesehatan mulut lainnya, dr Preetha K, menjelaskan bahwa selain dapat merusak struktur gigi, mengunyah makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin terlalu sering juga dapat memengaruhi sensitivitas gigi.

Untuk mengurangi risiko yang tak diinginkan akibat kerusakan gigi, dianjurkan Anda untuk segera menghentikan kebiasaan-kebiasaan tersebut. Jangan lupa juga untuk menyikat gigi dengan benar, mengganti sikat gigi secara rutin, dan sikat gigi sebelum tidur.

Profesor Dr drg Melanie S. Djamil, MBiomed, dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti mengatakan pada sikat gigi usia 3 bulan akan ada sekitar 200 juta bakteri yang menempel. Bakteri tersebut bisa mengancam kesehatan mulut seperti menyebabkan gigi berlubang bila sikat terus digunakan.

“Cegah karies gigi, yang paling gampang itu menyikat gigi dua kali sehari pada waktu yang tepat, sehabis makan pagi dan sebelum tidur malam. Itu yang belum banyak orang lakukan,” pesan Ketua Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan, drg Martha Juslily, MBA, beberapa waktu lalu dan ditulis pada Senin (18/5/2015).

Sumber : http://health.detik.com/read/2015/05/18/161547/2917706/763/hati-hati-hobi-kunyah-es-batu-juga-bisa-merusak-gigi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: