Menjaga Hasil Whitening Supaya Gigi Putih Lebih Tahan Lama

by Neo Publishing

Bleaching/Whiteniing, Bandung, Okt 2015

Artikel ini melengkapi artikel sebelumnya “dental-whitening-pemutihan-gigi-apa-sih”  dan karena ada beberapa pertanyaan dari pasien yang telah melakukan whitening/bleaching, mengapa warna gigi tdak seputih waktu awal setelah dibleaching atau kembali ke warna gigi sebelumnya?

6aac9-memberihkan2bgigi

Sebelumnya kami akan kembali membahas sedikit, kenapa warna gigi bisa berubah atau tidak seputih yang kita inginkan?

Secara umum penyebab perubahan warna gigi ada dua yaitu diskolorisasi ekstrinsik dan diskolorisasi intrinsik.  Diskolorisasi ekstrinsik adalah perubahan yang terjadi pada permukaan luar gigi. Perubahan ini disebabkan minum minuman yang berkepanjangan seperti teh, kopi dan wine.

Sementara diskolorisasi intrinsic adalah perubahan warna yang mengenai bagian dalam struktur gigi selama masa pertumbuhan gigi. Umumnya perubahan warna terjadi di dalam dentin sehingga relative sulit dirawat secara eksternal.  Perubahannya terjadi karena noda-noda yang timbul akibat endogen,baik local maupun sistemik. Perubahan warna intrinsic sesudah gigi erupsi disebabkan perdarahan akibat trauma, kesalahan prosedur perawatan gigi, dekomposisi jaringan pulpa, pengaruh obat-obatan dan pasta pengisi saluran akar, serta pengaruh bahan-bahan restorasi.  Penggunaan obat kumur chlorhexidine secara berlebihan juga bias menyebabkan perubahan warna gigi.

Dengan proses Whitening atau Bleaching dengan Power bleaching yang dilakukan di klinik pada dasarnya adalah teknik dental whitening menggunakan bahan pemutih gigi berkonsentrasi tinggi dan membutuhkan waktu 2-4 jam dalam proses pemutihannya. Meski teknik ini cepat, tetapi aman dan minim efek samping..
Meski terbilang aman, efek negative yang mungkin timbul adalah rasa sensitif, rasa ini akan hilang setelah treatment selesai.

senyum sampai akhir

senyum sampai akhir

Pertanyaan selanjutnya apakah hasil whitening ini / bleaching ini akan bertahan lama? Jawabannya bisa ya dan tidak dan tergantung dari cara pasien merawat gigi tersebut. Untuk daerah Bandung, pada umumnya umur warna gigi dapat bertahan 3 bulan sampai 2 tahun bahkan lebih.

Menurut Dokter Yenni, Ada beberapa hal seperti sudah diuraikan di atas yang bisa mengubah warna gigi:

  1. Makanan dan minuman yang berwarna seperti teh, kopi dan makanan/minuman lain yang mengangdung zat warna yang dapat menyerap ke dalam pori2 gigi. Jika dalam frekuensi yang cukup sering maka pasti akan menimbulkan efek pada pewarnaan gigi.
  2. Perawatan gigi yang baik, artinya setiap hari setelah makan, pasien bleaching dianjurkan untuk menggosok gigi minimal 2-3 kali sehari setelah makan, karena cukup efektif untuk menghindari zat warna yang ada di makanan atau minuman untuk menyerap ke dalam pori2 gigi.
  3. Perawatan rutin dan kontrol ke dokter gigi secara berkala, sesuai anjuran perawatan gigi pada umumnya, setiap 6 bulan sekali, setiap orang dianjurkan untuk melakukan perawatan pembersihan karang gigi untuk menghilangkan noda dan bibit karang gigi yang mulai tumbuh.
  4. Penggunaan pasta gigi spesial, yang diproduksi khusus untuk membantu menyehatkan email dan mempertahankan warna gigi tetap putih. Hal ini cukup efektif mempertahankan warna gigi cukup lama  berdasarkan pengalaman beberapa pasien yang telah melakukannya.

senyum sehat dan gigi kuat

senyum sehat dan gigi kuat


Untuk memberikan perawatan yang lebih baik lagi, kami saat ini juga sedang mencoba membuat paket peawatan khusus untuk menjaga hasil bleaching agar tetap tahan lama dan menambah rasa percaya diri pasien dan pelanggan kami…

Terima kasih, senyum yang sehat akan membuat kita semakin percaya diri…

Dental 55 – Bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: