Penasaran Berapa Harga Veneer Gigi? Ini Bocoran dari Dokter Ahli!

by Neo Publishing

TabloidNova.com – Bandung

Mempercantik gigi dengan veneer sedang digandrungi banyak kalangan terutama perempuan. Sebagian merasa tertarik untuk mencobanya namun terhambat soal bingungnya besarnya uang yang mesti dikeluarkan agar gigi terlihat putih dan bersih mengilap.

gigi sehat

gigi sehat


(Baca: Berani Coba, Mempercantik Gigi dengan Veneer?)

Khusus bagi Anda yang berminat melakukannya, mungkin penasaran, Berapa harga melakukan veneer gigi? Siapkan dana 2 – 10 Juta Rupiah sebagai kisaran harga veneer gigi sekarang ini. Demikian seperti yang dipaparkan oleh drg. Hanny Ilanda pada Tabloidnova.com.

Menurutnya, ada dua tipe veneer gigi, yaitu veneer direct dan veneer indirect. Veneer direct sendiri lebih murah ketimbang veneer indirect karena langsung dikerjakan di dalam mulut pasien dalam satu kali kunjungan saja serta tanpa biaya laboratorium tambahan. Harganya kisaran Rp2,4 juta sampai Rp.3,5 juta tergantung dari bahan yang digunakan.

Sedangkan, veneer indirect dapat berupa veneer ceramic atau komposit. Veneer indirect menempuh proses pencetakan dulu kemudian diproses oleh laboratorium, baru hasilnya diaplikasikan pada pasien.

“Veneer ceramic punya keunggulan, misalnya preparasi minimal invasive yang aman dan tidak merusak jaringan gigi terlalu banyak. Terus juga mengurangi risiko reaksi gusi seperti diskolorasi gingival pada mahkota terselubung,” terang dr. Hanny Ilanda.

Lebih lanjut, veneer ceramic memiliki translusensi yang lebih baik, sehingga memberikan warna yang natural dan estetik yang bagus. Beberapa penelitian mencoba melihat tingkat keberhasilan dalam hal estetik, biokompabilitas dan ketahanan veneer laminasi ceramic selama 10-15 tahun.

Ternyata, dibutuhkan biaya lebih mahal bila dibandingkan restotrasi veneer direct disebabkan biaya pekerjaan laboratorium dan waktu kunjungan pasien lebih banyak. Soal biaya juga tergantung dari kesulitan kasus, waktu yang dibutuhkan, tingkat keterampilan, dan nilai artistik dari pekerjaan estetik ini. Kisarannya senilai Rp.4 juta sampai Rp.10 juta, tapi untuk kota Bandung jharga tidak semahal kota Jakarta.

Mengapa harganya terbilang cukup mahal? drg. Dicky Mahardika mengungkapkan risiko tinggi menjalani proses veneer gigi. Kondisi ini melandasi perlunya penanganan profesional oleh dokter gigi spesialis prosthodonti ataupun konservasi gigi, “Jangan lakukan veneer sembarangan apalagi di tukang gigi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan secara medis,” saran Dicky.

http://tabloidnova.com/

Dental55 – bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: