Perawatan saluran akar gigi (PSA)

by Neo Publishing

Apa sih itu PSA?

Perawatan saluran akar gigi adalah tindakan menyelamatkan gigi Anda! “Endo” adalah kata yunani yang berarti “dalam” dan “odont” adalah kata Yunani yang berarti “gigi”. Jadi Perawatan Endodontik merawat bagian “dalam” gigi. Salah satu perawatan endodontik yang biasa dilakukan adalah perawatan saluran akar gigi (PSA).

Didalam gigi adalah jaringan lunak yang hidup disebut pulpa (atau disebut “saraf”). Pulpa ini berisi aliran darah, serat dan saraf. Perawatan saluran akar gigi diperlukan jika terjadi peradangan ataupun infeksi pada saraf dari gigi. Dokter gigi akan membuang saluran ataupun saraf yang terinfeksi tersebut, dengan hari-hati membersihkannya dan membentuk bagian dalam dari saluran akar gigi nya, dan mengisi dan akhirnya menutup ruang tersebut. Gigi yang telah diperbaiki akan terlihat, terasa dan berfungsi seperti gigi Anda.

Nyeri sakit gigi

Nyeri sakit gigi

Beberapa gejala dari masalah pada saluran akar gigi, gigi menjadi sensitif :

  • Sakit gigi yang berlanjut ketika Anda minum minuman dingin ataupun panas.
  • Sakit gigi yang datang secara tiba-tiba.
  • Sakit pada saat makan/ mengunyah
  • Sakit ketika Anda tidur

Mengapa perlu dilakukan Perawatan Saluran Akar Gigi?

Perawatan saluran akar gigi diperlukan ketika terjadi peradangan ataupun infeksi pada jaringan saraf gigi yang ada di dalam gigi Anda. Dokter gigi akan membuang saluran ataupun saraf yang terinfeksi tersebut, dengan hari-hati membersihkannya dan membentuk bagian dalam dari saluran akar gigi nya, dan mengisi dan akhirnya menutup ruang tersebut.

Tahap-Tahapan dalam Perawatan Saluran Akar :

  • Tahap 1
    Mahkota gigi di-bur untuk mendapatkan jalan masuk ke kamar pulpa. Semua tambalan dan jaringan rusak pada gigi (karies) dibuang.
  • Tahap 2
    Pulpa dikeluarkan dari kamar pulpa dan saluran akar. Suatu instrumen kecil yang disebut jarum “file” digunakan untuk membersihkan saluran akar. Gigi ditutup dengan tambalan sementara untuk melindungi kamar pulpa dan saluran akar agar tetap bersih. Tambalan sementara akan dibongkar pada kunjungan selanjutnya.
  • Tahap 3
    Saluran akar diisi dan dibuat kedap dengan suatu bahan yang mencegah bakteri masuk. Kamar pulpa sampai dengan permukaan mahkota gigi ditutup dengan tambalan sementara.
  • Tahap 4
    Tambalan sementara dibongkar dan diganti dengan tambalan tetap atau dibuatkan “crown” (sarung gigi).
  • Tahap 5
    Saluran akar, tambalan tetap, atau “crown” dievaluasi untuk melihat ada/tidaknya masalah. Setelah selesai, gigi akan disuplai nutrisinya oleh tulang dan gusi di sekitarnya.
Perawatan Saluran Akar

Perawatan Saluran Akar

Biasanya perawatan oleh dokter dilakukan minimal 4x kunjungan dalam penanganan infeksi saluran akar ini, tergantuh dari seberapa parah infeksi yang terjadi. Di Bandung biaya perawatan akar gigi ini bervariasi mulai dari 45rb rupiah perkunjungan…

Semoga membantu… Sebaiknya mencegah daripada Mengobati, Senyum indah Senyum Sehat!
Dental 55, Bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: