Proses Pemasangan Kawat Gigi/ Behel

by Neo Publishing

Proses pemasangan Behel atau kawat gigi atau dalam istilah kedokteran gigi disebut braces, memang cukup memakan waktu dari awal pemeriksaan biasanya kurang lebih1-2 minggu barulah pemasangan behel tersebut baru bisa dilakukan dan butuh beberapa bulan sampai beberapa tahun pemakaian kawat tergantung dari kasus dan sistem braces yang digunakan dan selama proses perawatan harus rajin kontrol untuk memantau pergerakan gigi yang terjadi.

orthodontist

orthodontist


Perawatan behel atau kawat gigi ini banyak ditemukan di Kota Bandung dengan banyaknya mahasiswa dan anak2 muda yang menjadikan pemakaian behel ini sebagai trend, walaupun fungsi utama dari pemakaian kawat gigi ini adalah untuk memperbaiki kondisi gigi dan dilakukan oleh dokter gigi yang ahli di bidangnya yaitu orthodontis atau yang bersertifikat.

Ada banyak alasan mengapa seseorang memilih untuk dilakukan perawatan dengan behel atau kawat gigi, diantaranya:
– Kondisi gigi yang tidak rapih atau berjejal
– Kondisi Gigi yang renggang
– Gigi rahang bawah maju / cameh
– Gigi rahang atas maju / tongos
– Kesulitan mengunyah karena gigi tidak kontak
– Dan sebagainya

Ada beberapa tahapan atau proses dalam pemasangan behel :

1. Pemeriksaan visual, biasanya dilakukan pencetakan gigi awal dan pengambilan foto rontgen
2. Perawatan pendahuluan, Seluruh gigi pasien dicek kembali biasanya kami usulkan untuk dilakukan scaling karena ini adalah perawatan jangka panjang dan memeriksa jika ada kondisi gigi yg berlubang.
3. Diagnosa dan strategi perawatan, dari hasil pemeriksaan awal dan analisa visual maka dokter akan menentukan perawatan yang akan dilakukan sesuai dengan kasus masing-masing pasien, perlu dilakukan pencabutan atau tidak, jenis kawat yang akan digunakan, sistem penjangkarannya, dll.
4. Pemasangan braket, Pertama, gigi akan diberikan perekat UV (UV adhesive). Lip stretcher tetap dalam kondisi terpasang agar bahan perekat tak tersentuh bibir dan lidah. Braket metal segera dipasang, kemudian direkatkan menggunakan UV curing light yang berfungsi untuk membuat bahan perekat dan cement menempel sempurna pada gigi.
Proses pemasangan braket ini biasanya 1,5-2 jam

behel

behel


5. Pemasangan kawat (arch wire), Jenis kawat dan ketebalan yang digunakan tidak sama untuk semua kasus gigi dan pada tahapan / proses yang akan dijalani, jenis kawat yang digunakan biasanya nickel-titanium archwire atau kawat niti.
Dilanjutkan dengan pemasangan elastic chain atau karet gigi, warna tergantung selera pasien.
6. Proses perawatan kawat gigi, 2 proses penting yg harus dialami/dilakukan pasien yaitu:
– Proses Adaptasi, Kondisi paling tidak nyaman adalah 1 minggu pertama, mulut terasa kering dan sariawan karena ada benda asing(behel) di mulut. penyesuaian cara menggigit dan cara makan, berbicara masih sulit dan susah untuk tersenyum lebar-lebar. Setelah 1 bulan, berangsur-angsur bicara menjadi normal kembali dan sariawan menghilang
– Kontrol rutin, Seperti sudah disampaikan di awal, perawatan ini adalah perawatan jangka panjang, adi harus bersabar, menjaga pola makan, menjauhi pantangan, rajin membersihkan gigi dan kumur dengan mouthwash dan rajin kontrol setiap bulan, untuk melihat perkembangan pergeseran gigi.
7. Pelepasan behel dan pemasangan retainer, untuk menormalisasi gigi, sehingga posisi gigi tidak lagi bergerak/ berubah.
behel

behel


Walaupun memakan waktu yang cukup lama, tapi pengorbanan yang dilakukan selama beberapa bulan tersebut biasanya terobati dengan perubahan penampilan dan gigi yang indah.

Dental55 – Bandung

11 Comments to “Proses Pemasangan Kawat Gigi/ Behel”

  1. Harga pemasangannya berapa?

  2. Dok, saya mau tanya kan diantara gigi depan saya ada gigi lmyan gede, apakah itu bisa d cabut dok dan di rapihkan dengan pasang kawat gigi, kira – kira berapa haraganya dok, saya minder ga bisa senyum

    • Dear Susi, maksudnya bagaimana yah? Gigi geraham no berapa dan maksudnya dinding pipi bagaimana? Apakah tumbuh kesamping? Thx

    • Dear Darmawan, Maaf salah sambung… untuk jawaban sebelumnya.

      Untuk kasus anda seharusnya masih bisa ditangani, hanya masalah waktunya berapa lama.. untuk lebih pastinya tolong dilihat dan konsultasikan lsg Terima kasih

      • Dok saya sudah pernah pake kawat gigi. Tapi sudah lama tidak kontrol dengan dokter yang menangani saya. Dan breket saya sudah dibuka oleh ahli gigi. Karena kalau balik ke dokter saya, saya takut dokter yang bersangkutan marah karena saya jarang kontrol dan sudah lama.
        Apakah saya bisa ulang untuk merapihkan gigi saya di tempat dental 55 ini. Terimakasih

      • Dear ibrahim, untuk jelasnya kita lihat kasusnya dulu ya, kamu bisa hub bagian pendaftaran di no +6282216010022.
        Pada prinsipnya kami usahakan yg terbaik, thx

  3. Dok biaya 5jt itu sudah termasuk atas bawah?

  4. Dok, saya sudah pernah konsultasi ke salah satu dokter gigi untuk pemasangan kawat. Lalu dirujuk ke orthodontist karena perlu ada gigi di rahang atas, tapi belum saya lakukan.

    Pertanyaannya, apa 5,5jt sudah all-in termasuk jika harus ada pencabutan gigi? Dan pembayaran 5,5jt itu di depan atau bertahap sesuai dengan pengerjaan yang dilakukan?
    Lalu, karena saya memiliki karang gigi, apa perlu dilakukan scaling sebelum proses pemasangan kawat?

    Terima Kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: