Perawatan Standar Gigi

Gigi adalah organ tubuh yang penting bagi manusia, berfungsi untuk memotong dan menghancurkan makanan sehingga dapat dicerna dan ditelan dengan baik.

Gigi yang sehat sangat diperlukan, gigi dapat saja berlubang dan mengganggu kenyamanan kita, terutama pada saat makan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan perawatan gigi rutin untuk menghindari gigi berlubang.

Perawatan Dasar Gigi

Berikut beberapa jenis perawatan standard yang biasanya dilakukan dalam merawat gigi agar tetap sehat:

Pemeriksaan Berkala

Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan setidaknya 6 bulan sekali. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh kondisi gigi dan mulut Anda, untuk mengetahui adanya masalah gigi, gusi, pembusukan, lubang, ataupun yang lainnya.

Bila Ada masalah serius maka dokter akan langsung memberikan beberapa pilihan pengobatan, merinci biaya dan menentukan kemungkinan waktu tindakan pengobatan dilakukan.

Pembersihan Gigi dan Scaling

Pembersihan gigi / scalling berfungsi untuk menghilangkan kotoran yang melengket pada gigi, seperti partikel makanan, kalkulus keras, plak, dan yang lainnya. Hal ini perlu dilakukan karena pembersihan gigi menggunakan sikat gigi yang kurang bersih, atau memakan zat2 yang keras atau merokok dan bisa menimbulkan plak pada gigi.

Dokter gigi akan mengolesi gigi dengan pasta abrasive dan menggosok gigi dengan sikat berputar serta memberikan petunjuk dan saran cara menjaga kebersihan gigi.

Penambalan Gigi

Kerusakan atau gigi berlubang yang biasanya terjadi pada gigi geraham dapat diatasi dengan ditambal. Dokter gigi akan memakai bor khusus gigi dan berbagai peralatan lain untuk membuang bagian gigi yang sudah busuk, setelah itu rongga dibersihkan, dikeringkan, lalu di tambal dengan zat khusus untuk menutupi lubang.

Restorasi Gigi

Gigi yang tidak terawat dengan baik dapat merusak susunan gigi atau kerusakan yg diakibatkan kecelakaan, bisa kerena terjatuh, atau bawaan dari lahir. Tindakan perawatan ini dapat memperbaiki bentuk dan susunan gigi.

PembuatanGigi Palsu

Kehilangan gigi, baik karena faktor usia ataupun cidera dapat menurunkan rasa percaya diri, karena itu pemasangan gigi palsu sangat disarankan, Hal ini juga berpengaruh cukup besar agar dapat mempertahankan susunan gigi yang baik. Seperti dalam beberapa artikel sebelumnya, gigi selalu bergerak pada saat mengunyah, karena itu kekosongan gigi dapat merubah bentuk gigi.

Perawatan Braket/ Ortodontik

Perawatan ini (fix atau lepasan) berfungsi untuk memperbaiki posisi gigi dan kelainan pada rahang. Bagi yang memiliki gigi yang menonjol (tongos) dapat melakukan perawatan ortodontik termasuk pemasangan kawat gigi agar susunan gigi kembali normal, sesuai dengan estetik wajah.

orthodontist

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s