Bleaching atau Veneer?

Veneer dan bleaching menjadi metode memutihkan gigi yang paling populer saat ini. Mengapa? karena memiliki gigi yang putih tak hanya baik untuk penampilan, tapi juga dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Veneer secara umum lebih baik karena dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dan bisa sekaligus merapihkan bentuk gigi, sedangkan untuk bleaching tidak bertahan lama, tetapi sekali perawatan untuk selutuh gigi dan secara biaya relatif lebih murah.

Bleaching atau dental whitening adalah tindakan memutihkan gigi dengan menggunakan bahan aktif peroksida, baik itu carbamide atau hydrogen peroksida. Ada dua jenis perawatan bleaching yaitu ‘in office bleaching’ yang dilakukan di klinik gigi dan dengan ‘bleaching at home’ dimana perawatan bisa fleksibel karena dilakukan bisa di rumah atau dimanapun. Keduanya menggunakan bahan aktif dengan kisaran 3-4persen.

Veneer adalah perawatan gigi dengan melapisi dan mempercantik gigi dan warna juga bisa disesuaikan. Ada 2 metode veneer direct dan indirect, Direct dilakukan dengan melapisi gigi dengan bahan composit, sedangkan indirect dengan bahan porcelain. Dari sisi kualitas dan ketahanan, veneer porcelain jauh lebih baik dan natural, tetapi biaya relatif lebih tinggi..

Untuk membuat kesan natural, biasanya dokter gigi akan menyarankan minimal 2 gigi.yg divenner untuk menyamarkan dengan warna gigi eksisting.

Bagi Anda yang tak tahan dengan rasa nyeri, kami lebih merekomendasikan tindakan veneer. Pasalnya pada metode bleaching dapat meningkatkan sensitivitas gigi sehingga memicu rasa nyeri atau ngilu.

Bleaching sebaiknya dilakukan maksimal sekali setahun. Ibarat pengecatan rambut, bahan-bahan kimia jika dipakai berlebihan dapat merusak struktur jaringan tubuh kita. Terlalu sering bleaching akan merusak kekuatan email gigi sehingga menimbulkan rasa nyeri dan ngilu yang dapat bersifat menetap.

Yang mana sesuai dengan kebutuhan kamu? sebaiknya dikonsulatasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi karena banyak faktor2 selain estetik dan biaya yang perlu dijadikan bahan pertimbangan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s