Serba-Serbi Gigi Palsu Lepasan…

Setelah pada tulisan yang terdahulu kita membahas mengenai Prostodontik (Gigi Tiruan/Palsu) maka kali ini kami akan jelaskan mengenai beberapa jenis gigi palsu lepasan berdasakan bahan yang digunakan untuk membuatnya. Kami akan membahas beberapa jenis gigi palsu lepasan, yang terbuat dari akrilik, valplast , kombinasi , resin fleksi dan metal frame.

1. Akrilik
Gigi palsu dengan bahan akrilik ini sangat populer dalam proses pemasangan gigi palsu dan tipe yang paling terkenal di kalangan masyarakat luas.

Gigi palsu akrilik paling ekonomis dibandingkan gigi palsu lepasan lainnya. Platnya relatif lebih tebal dan ada cengkeram kawatnya sebagai tambahan pegangan ke gigi yang tersisa. Gigi palsu jenis ini bisa digunakan untuk kehilangan gigi berjumlah 1, 2, hingga seluruh gigi.

Gigi palsu berbahan dasar akrilik ini menggunakan bahan polymer berbentuk bubuk (powder) yang dicampur dengan Benzoyl peroksida dan pigment (untuk memberikan warna alami) yang kemudian dipanaskan pada suhu tertentu sehingga pada akhirnya dicetak sesuai dengan kebutuhan. Namun dibalik sisi ekonomis dan ergonomis saat membersihkan, denture tipe ini sedikit fragile sehingga gampang retak dan patah jika jatuh dan kurang apik penggunaannya.

Gigi Palsu Akrilik

2. Valplast
Gigi Palsu jenis Valplast tidak menggunakan cengkeram kawat dan lebih lentur dan tipis dibandingkan Gigi Palsu Akrilik sehingga lebih nyaman digunakan. Gigi palsu jenis ini dapat digunakan pada kasus kehilangan beberapa gigi, tetapi pada kasus kehilangan seluruh gigi dan membutuhkan gigi tiruan lengkap, bahan ini tidak disarankan.

Banyak orang yang mengira valplast ini adalah tipe dari gigi palsu lepasan namun sebenarnya, Valplast adalah mereka dagang dari perusahaan pembuat gigi palsu lepasan tersebut. ValplastĀ®  menggunakan plastik yang elastis yang disebut resin atau damar

bahan ini memiliki sifat biocompatible dengan nilon yang menjadikannya memiliki kemampuan untuk flexible dan tahan apabila terjatuh dan tidak memerlukan bantuan kawat atau plat penyangga pada penggunaan gigi palsu sebagian. 

Gigi Palsu Valplast

Valplast 1 gigi

Valplast

3. Kombinasi valplast dengan kerangka logam

Gigi tiruan valplast juga dapat digunakan dengan vitalium 2000 cast metal framework agar estetik terlihat alami dan meningkatkan stabilitas, karena rest oklusal dan rest lingual terbuat dari logam.

Valplast yang dikombinasikan dengan metal dan berbahan plastik pada cengkeramnya dapat meningkatkan kekuatan dan dukungan yang lebih. Cengkeram yang terbuat dari dari bahan nilon termoplastik ini tampak alami sehingga mendukung faktor estetik, khususnya jika digunakan untuk rahang bawah.

4. Resin Flexi
Gigi Palsu jenis Resin Flexi mirip seperti Valplast, tidak menggunakan cengkeram kawat sehingga tidak akan mengganggu estetika, tetapi bahan ini lebih kaku dibandingkan Valplast sehingga mempunyai daya tahan lebih lama. Selain dapat digunakan pada kasus kehilangan 1, 2 atau beberapa gigi, gigi tiruan ini cocok digunakan untuk Gigi Tiruan Lengkap.

Resin Flexi

Gigi Tiruan Lengkap Resin Flexi

5. Metal Frame

Sesuai dengan namanya, Gigi Palsu Lepasan ini menggunakan metal yang biasanya terbuat dari titanium dan chrome cobaltBasisnya biasanya dapat dikombinasikan dengan bahan valplast atau polycarbonate, konsultasikan dengan dokter gigi anda untuk mendapatkan hasil terbaik dan harga yang ekonomis.

 Dengan menggunakan kerangka logam, gigi palsu nantinya tidak dibutuhkan lagi kawat penyangga dan plat yang digunakan bisa ditekan ketebalannya sehingga nyaman di mulut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s