10 Cara Gigi Lebih Putih & Sehat

by Neo Publishing

detail berita

Miliki gigi putih (Foto: Google)
MEMILIKI sederet gigi yang sehat, bersih, dan putih tentu menjadi dambaan setiap orang. Selain dapat menunjang kepercayaan diri, gigi yang bersih berarti memiliki mulut yang sehat.
Untuk dapat memiliki sederet gigi impian tersebut, berikut langkah-langkah yang dikemukakan seorang dokter gigi asal Beverly Hills, Harold Katz, sebagaimana dilansirReaderstdigest, Rabu (18/1/2012).

Lakukanlah diet pemutihan gigi

Diet pemutihan gigi ini adalah memilih asupan-asupan makanan dan minuman yang dapat membuat gigi tampak kusam. Misalnya, kopi, rokok, teh hitam, minuman cola, atau red wine.

Ganti sikat gigi Anda

Jangan tunggu sikat gigi Anda tampak sudah sangat jelek, baru Anda menggantinya. Gantilah selambat-lambatnya dua hingga tiga bulan. Sebab jika tidak, itu sama saja Anda memindahlan bakteri dari sikat gigi tersebut ke mulut Anda.

Bersihkan lidah setiap pagi 

Bersihkan lidah dengan pembersih lidah setiap pagi untuk menghilangkan plak di lidah dan menyegarkan napas Anda. Pasalnya, salah satu penyebab bau mulut adalah penumpukan bakteri di lidah. Gunakanscrapping (alat pengikis kotoran di lidah).Karena menggunakan scrapping akan lebih efektif dibandingkan Anda menyikat lidah dengan sikat gigi.

Pilih makanan pembersih gigi

Makanan-makanan yang tidak lunak seperti buah apel dapat membantu membersihkan gigi ketika dimakan. Pilihan lainnya adalah wortel mentah, seledri dan popcorn. Untuk hasil terbaik, kudaplah makanan-makanan pembersih gigi tersebut sebagai makanan penutup.

Kumurlah dengan cuka apel

Berkumurlah dengan cuka apel cider di pagi hari dan kemudian gosok gigi seperti biasa. Cuka apel akan membantu membuang noda, memutihkan gigi, dan membunuh bakteri di mulut dan gusi.

(II-Habis)

Gustia Martha Putri – Okezone
SEDERET gigi yang putih dan bersih mencerminkan kesehatan gigi dan mulut terjaga dengan baik. Anda ingin tahu cara merawat gigi?

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat diantisipasi dengan cara-cara yang dikemukakan seorang dokter gigi asal Beverly Hills, Harold Katz, sebagaimana dilansir Readerstdigest, Rabu (18/1/2012).

Agar gigi terlihat sehat, putih dan bersih, ini panduannya:

Sikat gigi dengan baking soda

Sikat gigi dengan baking soda sekali sepekan untuk menghilangkan noda dan memutihkan gigi Anda. Gunakan seperti Anda menggunakan pasta gigi biasa.

Pastikan napas tetap segar

Untuk memeriksa kesegaran napas, Anda bisa coba menjilat telapak tangan dan menciumnya saat masih basah. Jika Anda mencium sesuatu, berarti itu sudah waktunya Anda membutuhkan penyegar mulut. Misalnya, obat kumur. Sedikit tip, pilihlah obat kumur yang bebas alkohol.

Gunakan floss (benang pembersih gigi)

Cobalah latihan menggunakan benang pembersih gigi tanpa di depan kaca. Jika Anda sudah terbiasa melakukannya tanpa butuh melihat kaca, Anda bisa flossing (membersihkan gigi menggunakan benang pembersih) di saat-saat mendesak, seperti ketika akan rapat mendadak, misalnya.

Sikat gigi sebelum dan sesudah bangun tidur
 
Sikatlah gigi ketika Anda bangun dari tidur di pagi hari dan sebelum tidur pada malam hari. Kedua waktu itu paling krusial. Pasalnya ketika menjelang tidur, plak-plak bekas mengunyah makanan terkumpul sejak seharian sehingga wajib dibersihkan.

Tutupi dengan warna

Bagi wanita, pilihlah lipstik berwarna terang. Sebab warna-warna tersebut membuat gigi Anda terlihat lebih putih, sedangkan lipstik berwarna lebih ringan cenderung membawa efek gigi lebih kusam.
(tty)

Gustia M. P. – OkeZone (tty)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: